Kamis, 14 Juni 2012

Feature Profile

KAJUR Bahasa dan Sastra Arab:

Membangun Generasi Muda yang Unggul dan Kompetitif  dalam bidang bahasa dan sastra Arab

Oleh Dita Nur Amalina


Pribadi yang sangat hangat dan bersahabat ini, memikul amanah sebagai Ketua Prodi bahasa dan sastra Arab di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Ialah Dedi Supriadi, pria kelahiran Majalengka, 6 Nopember 1970.

Jabatannya sebagai Ketua Prodi BSA tentunya mempunyai langkah yang strategis terutama di bidang bahasa dan sastra Arab. Dedi Supriadi menyampaikan tentang visi Prodi bahasa dan sastra Arab yaitu “Unggul dan kompetitif dalam bidang bahasa dan sastra Arab tingkat Nasional dalam konteks ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an tahun 2020”                                                                                        dan visi tersebut akan terealisasi untuk membangun generasi yang unggul dan kompetitif dalam bidang bahasa dan sastra Arab.

“Unggul” yang dimaksud Dedi Supriadi merupakan harapan bahwa mahasiswa UIN sebagai generasi Islam dan Negara, terutama Prodi bahasa dan sastra Arab mempunyai cara hidup yang beorientasi pada mutu (memberikan penghargaan tinggi terhadap mutu). Kemudian mahasiswa yang memiliki budaya unggul senantiasa berupaya melakukan yang terbaik untuk menghasilkan sesuatu dengan mutu setingggi-tingginya.

Beliau juga menambahkan, bahwa mahasiswa yang unggul adalah siapa saja yang selalu berupaya melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan optimal dan tidak asal-asalan. Orang yang memiliki keunggulan akan terlihat dari (attitude, skill, knowledge) meliputi berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, cerdas, berdemokrasi dan bertanggung jawab, kerja keras dan kerja cerdas, bersikap hemat dan selalu ingin mengembangkan potensi dirinya.

Sedangkan “kompetitif” yang dimaksud Dedi Supriadi, mahasiswa diharapkan memiliki nilai lebih dibandingkan orang lain / competitor, sehingga memberikan keuntungan / manfaat lebih bagi umat. Tidak hanya mampu bersaing secara intelektual tapi, juga cerdas mengelola emosi dan kuat dalam spiritual.



“Mahasiswa UIN saya lihat kurang ghirah dalam belajar, ini hanya sedikit tentang permasalahan mental. Dengan kedua komponen yaitu unggul dan kompetitif maka seseorang dapat mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang globalisasi. Tak lepas dari itu semua untuk merealisasikannya, harus ditunjang dengan dosen Prodi bahasa dan sastra Arab yang unngul dan kompetitif di bidangnya”, tuturnya saat diwawancara, Rabu (30/5).

Beliau melihat potensi, kecerdasan dan pergaulan mahasiswa UIN SGD Bandung yang sangat baik, sangat disayangkan sekali potensi itu tidak teraktualisasikan karena belum mengarah pada tatar akademik. Ia menegaskan, permasalahan yang terjadi ini bukan karena fasilitas, apabila harus dibandingkan dengan kampus lain yang memiliki fasilitas yang lebih memadai.
“Kita lihat fasilitas mereka lebih jago, tapi mereka tidak bertumpu pada fasilitas, tapi ghirah yang kuat tertanam pada diri mereka. Anda adalah generasi Islam yang terpilih, dengan saling menularkan ghirah kepada mahasiswa UIN, sehingga akan tercipta kondisi yang harmonis, untuk peka terhadap permasalahan yang ada disekitarnya dan berbangga terhadap dirinya serta tidak pantas untuk berkecil hati”ucapnya.
Beliau sempat menyinggung perihal posisi UIN diantara Universitas lainnya. Ia menyadari bahwa dengan terus mengembangkan potensi yang ada di bidang masing-masing, terus berkompetisi dan saling mendukung memberikan motivasi untuk perbaikan ke arah yang lebih baik serta dengan memegang prinsip integritas (Jujur, Disiplin, Loyal), Pelayanan Prima dan Dinamis, dan Inovatif/Diferensial (Knowledge and Skill) akan membangun UIN menjadi lebih baik.

DATA PRIBADI
1.      Nama      
2.      Tempat, tgl lahir
3.      Jabatan Akademik

4.      Alamat


5.      E-mail
6.      Telp                   

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL

MI PUI Majalengka          
Madrasah Tsanawiyah
Madrasah Aliyah        
Sarjana                        
Pasca Sarjana Program S2

      Pasca Sarjana Program S3

: Dedi Supriadi, S.Ag.,M.Hum.
: Majalengka, 6 Nopember 1970
: Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab 
  UIN SGD Bandung
: Jl. Ciburial Kp. Ciburial Rt. 03/21 Desa
  Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi 
  Bandung
: dedi70@yahoo.com
: (022) 87824596




: 1985
: Ponpes Wali Songo di Ponorogo,1988
: Ponpes Wali Songo di Ponorogo, 1991
: Fak. Adab IAIN SGD Bandung, 1996
: Fakultas Sastra (Filologi) UNPAD
  Bandung, 2005
: Fakultas Sastra (Filologi) UNPAD 
  Bandung (Sedang berjalan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar